Jumat, 17 Februari 2017

Perjalanan yang sederhana Mahasiswa Statistika Unpad


Bismillah Assalamua'alaiukm Warahmatullahi Wabarakatuh. Terima kasih telah mengunjungi bloq yang bisa dibilang yaaa gak sebagus blog lain.... kali ya hehe.. :3


Perkenalkan nama saya Masagus Reyhan Fadhillah, lahir di Jakarta tanggal 2 Oktober 1996. Saya sekolah di SD Swasta Trisula Perwari I, SMP Negeri 76 Jakarta dan SMA Negeri 77 Jakarta hingga kuliah di Universitas Padjadjaran mengambil Strata 1 jurusan Statistika. 

Dari dulu sampai sekarang saya ini dikenal sebagai orang yang pendiem banget, telat mikir dan jarang keluar rumah (meskipun sebenarnya pengen banget jalan bareng temen, travelling, dsb). Bahkan ada juga beberapa yang saya anggep itu teman memanfaatin otak saya untuk mengerjakan tugas kelompok, nyontek jawaban, sampai hasil karya sendiri di copy paste dan cuma diganti namanya saja. Waktu kelas 2 SMP saya menjadi ketua kelas setahun, disaat itu banyak teman sekolah yang mengatakan saya itu culun, pendiam, lemah, dan lain-lain. Meskipun begitu saya tetap tegar dan percaya bahwa hanya kepada Allah SWT yang bisa melindungiku dan memberi solusi dari masalah dan keadaan yang saya alami. Hingga akhirnya sosok seorang yang introvert ini sampai di jenjang menjadi pemuda mahasiswa.

Awal masuk perkuliahan ada sebuah kegiatan atau acara Prabu Unpad yang dimana dalam acara itu semua mahasiswa baru akan berkumpul dan mengenal selak beluk, ciri khas dari Universitas Padjadjaran ini. Disinilah para mahasiswa baru dari berbagai daerah harus atau dipaksakan untuk menjadi mandiri. Selama kuliah saya belajar dan mengikuti kepanitiaan di gedung Departemen Statistika yang letaknya bersebelahan dengan gedung Departemen Matematika.


Hingga akhirnya masuk dalam Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas Padjadjaran (Himasta Unpad) di tanggal 18 Oktober 2014. Disaat ada open recruitment untuk menjadi anggota BE, BPA atau FUSI Statistika Unpad entah kenapa tidak ada keniatan untuk mengikuti di salah satu organisasi tersebut. Namun pikiran tiba-tiba berubah untuk menyempatkan isi formulir pendaftaran FUSI dan mengumpulkannya saat hujan deras menerjang di kampus. Alhamdulillah diterima sebagai staff mentoring FUSI Statistika Unpad 2015 dengan Fuadi Hanif sebagai ketua dan kang Fajar Ramadhan sebagai ketua departemen mentoring FUSI 2015. 

Pada masa awal masuk semester 2 saya diajak koor putri Statistika 2014 Dewi Ambasari, untuk menjadi ketua pelaksana di salah satu kepanitiaan yang ada di himpunan mahasiswa statistika. Alhamdulillah acara yang dinamakan SEPERSIGMA (Seminar Penulisan Skripsi dan Sosialisasi Magang) ini berjalan dengan lancar (http://himasta.fmipa.unpad.ac.id/?p=299)

Selama memasuki tahun ke-dua semester 2 dan 3 beberapa kepanitiaan pun diikutkan seperti Studi Pengenalan Lapangan 2015 yang diketuai Kang Erwan Statistika 2013, Statday 2015 yang diketuai Kang Bagus Statistika 2013, Studi Dasar Islam 2015 yang diketuai oleh saya sendiri, dan lain-lain. Suatu motivasi dari temen dekat saya Lukman Permadi Statistika 2014 yang selalu gigih dalam menempuh jejak prestasinya hingga mengikuti berbagai olimpiade dan menjadi juara umum membuat saya lebih bersemangat. Dibanding aku ini ya... masih belum ada apa-apanya lah walaupun mengikuti seleksinya namun selalu gagal hehehe..

Masuk di semester 4, saya menerima tongkat estafet dari ketua FUSI 2015 untuk menjadi ketua FUSI berikutnya di tahun 2016. Awalnya sih sempet bingung kok aku jadi ketua suatu organisasi? padahal aku ini punya apa .-. hingga saya berusaha memikirkan strategi dan output-output peningkatan agar menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Alhamdulillah akhirnya terbentuklah Pengurus inti berserta staff-staff nya yang kalo ditotal berjumlah 40 (http://himasta.fmipa.unpad.ac.id/?cat=14)


Untuk cerita selanjutnya lagi on progress... :)

Untuk kasus permasalahan statistika klustering selama magang di BMKG bisa dilihat di link di bawah ini

https://reyhanfadhillahunpad96.blogspot.com/2017/07/contoh-kasus-data-real-problem-2.html

1 komentar: